BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Tatadana: Komitmen Awal Tahun, Atasi Masalah Keuangan Sepanjang Tahun

02 Januari 2015
Tags:
Tatadana: Komitmen Awal Tahun, Atasi Masalah Keuangan Sepanjang Tahun
Pengunjung berinteraksi di sebuah anjungan dalam pameran Investor Summit and Capital Market Expo (ISCME) 2014 di Jakarta (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik agar tidak memperoleh masalah keuangan?

Illustration

Bareksa.com - Awal tahun saatnya bagi kita untuk merencanakan keuangan dengan membuat anggaran agar bisa mengatasi masalah keuangan tahun ini.

Masalah keuangan hampir selalu dimiliki oleh semua orang, dan rasanya tidak pernah akan ada habisnya sepanjang hidup kita. Untuk mengurangi kesulitan dalam keuangan, maka mengelola keuangan dengan baik serta merencanakan kebutuhan keuangan kita di masa datang adalah jalan keluarnya. Sangat diperlukan komitmen yang tinggi dari diri kita sendiri, agar perencanaan keuangan kita bisa dijalankan.

Promo Terbaru di Bareksa

Perencana keuangan (financial planner) dari Tatadana Consulting, Tejasari kepada Bareksa.com membagi resep bagaimana mengelola keuangan yang baik.

Satu langkah awal yang harus dilakukan menurut Tejasari adalah membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran keuangan keluarga kita, atau yang sering dikenal dengan mengelola cash flow. Apa saja yang perlu kita catat?

1. Berapa penghasilan kita?

Langkah pertama ini, adalah langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Untuk banyak orang yang memiliki penghasilan tetap, maka kita tahu dengan pasti berapa penghasilan bulanan kita serta perkiraan penghasilan tahunan. Penghasilan tahunan umumnya terdiri dari THR dan bonus.

Bagaimana kalau kita memiliki penghasilan lainnya? masukkan dalam penghasilan lain-lain, baik dalam penghasilan bulanan maupun dalam penghasilan tahunan. Hasil dari pencatatan kali ini adalah, kita memiliki total penghasilan bulanan dan penghasilan tahunan.

Tabel. Rencana Pemasukan

Illustration

Illustration

Sumber: tatadana

2. Membuat rencana pengeluaran bulanan

Kemana saja penghasilan kita habis setiap bulannya? buatlah pembagian alokasi dari pengeluaran kita selama ini. Untuk memudahkan kita melakukan analisanya, biasanya pengeluaran dibagi dalam beberapa kelompok seperti berikut ini;

Tabel. Rencana Pengeluaran

Illustration

Sumber: tatadana

3. Membuat rencana pengeluaran tahunan

Sesuai dengan namanya pengeluaran tahunan, maka dialokasikan untuk pembayaran yang hanya dilakukan setahun sekali. Membayar PBB, STNK, Qurban, pengeluaran hari raya adalah contoh dari pengeluaran tahunan. Diusahakan pengeluaran tahunan ini menggunakan penghasilan tahunan, agar cash flow bulanan kita tidak terganggu. Apabila ternyata pengeluaran tahunan lebih besar dari penghasilannya, kita perlu untuk menyisihkan sebagian dana dari penghasilan bulanan.

Setelah membuat catatan cash flow diatas, maka hal-hal penting yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Mengatur agar pengeluaran bulanan tidak melebihi penghasilan bulanan. Kalau lebih besar, maka kita perlu meneliti bagian mana dari pengeluaran kita yang terlalu besar dan perlu dikurangi.

2. Membuat komposisi pengeluaran yang baik, dengan mengalokasikan setidaknya 10 persen dari penghasilan bulanan kita untuk ditabung dan diinvestasikan, dan alokasi cicilan hutang maksimal 30 persen.

Grafik. Komposisi Pengeluaran Yang Baik

Illustration

Sumber: tatadana

Bagaimana kalau komposisi pengeluaran kita ternyata tidak sesuai tabel diatas? sebenarnya, setiap orang tentu memiliki komposisi yang berbeda. Sehingga kemungkinan untuk tidak sesuai itu sah saja. Akan tetapi dua hal penting yang wajib untuk dilakukan adalah komposisi tabungan minimal 10 persen dari penghasilan kita dan tidak boleh memiliki cicilan hutang yang lebih besar dari 30 persen. (np)

* Tejasari CFP® merupakan financial planner dari lembaga perencana keuangan independen Tatadana (email: [email protected])

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Up0,15%
Up3,81%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,30%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,32%
Up17,24%
Up43,22%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,56%
Up2,94%
Up0,02%
Up6,33%
Up30,71%
Up60,33%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,46%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,38%
Up18,76%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,22%
Up1,77%
Up0,01%
Up2,68%
Down- 2,15%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua