BeritaArrow iconBareksaArrow iconArtikel

Kinerja Investasi Robo Advisor Bareksa Ungguli Indeks Saham Lagi

Hanum Kusuma Dewi23 Juni 2021
Tags:
Kinerja Investasi Robo Advisor Bareksa Ungguli Indeks Saham Lagi
Ilustrasi Robo advisor Bareksa (Bareksa/Nadya P)

Kinerja Robo Advisor Bareksa untuk investor agresif naik 6,95% saat IHSG hanya 4,04%

Bareksa.com - Robo Advisor Bareksa adalah fitur panduan investasi bagi investor reksadana yang tersedia di aplikasi Bareksa dan telah mendapatkan lisensi penasihat investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Satu keunggulan Robo Advisor Bareksa yang bernama BaTaRA (Bareksa Tactical Robo Advisor) adalah bisa memberikan hasil maksimal.

Bagaimana hasil kinerja Robo Advisor Bareksa yang lebih maksimal?

Untuk membuktikannya, kita bisa membandingkan kinerja Robo Advisor untuk investor agresif dengan indeks saham atau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Perbandingan ini dilakukan selama periode sejak Robo Advisor Bareksa diluncurkan pada 24 Mei 2021 hingga 21 Juni 2021.

Promo Terbaru di Bareksa

Adapun investor agresif di Robo Advisor Bareksa pada saat awal disarankan untuk mengalokasikan 70 persen di reksadana saham, 20 persen di reksadana pendapatan tetap dan 10 persen di reksadana pasar uang. Rekomendasi robo yang dinamis memberikan porsi berbeda saat investor top up (menambah) investasi, yang disesuaikan dengan kondisi pasar.

Dalam periode empat pekan tersebut, investor sangat agresif yang mengikuti rekomendasi Robo Advisor Bareksa mendapatkan keuntungan (imbal hasil) sebesar 6,95 persen. Sementara itu, untuk perbandingan, IHSG sepanjang periode sama hanya naik sekitar 4,04 persen. Sebelumnya, kinerja Robo Advisor Bareksa selama tiga pekan juga melampaui IHSG.

Grafik Perbandingan Kinerja Robo Advisor Bareksa dan IHSG

Illustration

Sumber: Bursa Efek Indonesia, diolah Bareksa.com

Mengapa Robo Advisor Bareksa bisa mengalahkan IHSG?

Satu keunggulan unik dari fitur Robo Advisor Bareksa adalah sifatnya dinamis. Artinya, rekomendasi yang diberikan Robo Advisor Bareksa tidak selalu sama hanya berdasarkan profil risiko, tetapi juga memasukkan parameter perubahan kondisi pasar modal dan ekonomi makro.

Adapun produk reksadana yang menjadi rekomendasi adalah reksadana saham Manulife Saham Andalan, reksadana pendapatan tetap Manulife Obligasi Negara II Kelas A dan reksadana pasar uang Sucorinvest Sharia Money Market Fund.

Dilihat dari produknya, wajar saja portofolio nasabah sangat agresif di Robo Advisor Bareksa ini bisa mengalahkan IHSG. Sebab, produk reksadana saham yang dipilih kinerjanya melesat 9,61 persen dalam periode tersebut. Pergerakan Manulife Saham Andalan bisa dibandingkan dengan IHSG dan Indeks Reksadana Saham Bareksa berikut ini.

Grafik Perbandingan Kinerja Manulife Saham Andalan vs. IHSG dan Indeks Reksadana Saham Bareksa

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Robo Advisor Bareksa dipastikan sepenuhnya bergerak secara independen dan berpihak pada kepentingan investor. Metodologi yang diterapkan dibuat transparan dan independen, dan secara berkala dilaporkan ke OJK sebagaimana dipersyaratkan regulasi yang ada.

Ayo, coba fitur Robo Advisor di aplikasi Bareksa yang bisa diunduh melalui App Store untuk ponsel berbasis iOS dan Google Play Store untuk Android. Jangan lupa juga ikut promosinya untuk mendapatkan cashback reksadana senilai total Rp50 juta.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

- Beli reksadana, klik tautan ini

- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store

- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore

- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

STAR Stable Income Fund

1.917,73

Up0,52%
Up2,95%
Up0,02%
Up6,35%
Up30,73%
Up60,39%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua